Berita

Kampung Tertib Lantas Dinilai

  • Penulis: sinawaadmin, 05-12-2018 18:05
  •               Kapolres Solok AKBP Ferry Irawan, SIK melalui Kasatlantas Polres Solok IPTU Baypul telah menentapkan dan menunjuk Jorong Lubuk Selasih sebagai kampung tertib lalulintas. Kegiatan ini disambut baik oleh Pemerintah Nagari Batang Barus dan perangkat serta tokoh masyarakat setempat. Setelah melakukan beberapakali sosialisasi ke masyarakat Rabu ini 5/12/18  Balai Kampung Tertib Lalulintas dinilai tim Ditlantas Polda Sumbar.

                  AKBP Baypul didampingi Jajaran Kanit dan personilnya memaparkan penunujukkan Jorong Lubuk Selasih sebagai Kampung Tertib Lantas sangat tepat, setelah melakukan kajian dibeberapa nagari. Ini juga menjalankan sesuai arahan dari Pak Kapolres. " Sesuai petunjuk saran dan arahaan Pak Kapolres Jorong Lubuk Selasih sangat tepat dijadikan Kampung Tertib Lalulintas, kami telah melakukan banyak sosialisasi ke masyarakat, khususnya di Jorong Lubuk selasih, Umumnya di Nagari Batang Barus dan wilayah kerja Polres Solok," jelas Komandan berkopel putih Polres Arosuka ini didampingi sejumlah perwira Satlantas.

                 Pagi itu, sekitar pukul 08.00 WIB usai apel pagi rombongan tim penilai AKBP Ari Yuswan Triono, SIK dan sejumlah perwira Ditlantas Polda Sumbar menapakkan kakinya di Mapolres Solok kerja sigap seorang polisi dalam penilai begitu cepat, usai melakukan verifikasi administrasi dan dokumen di Kantor Satlantas Mapolres Solok, rombongan yang dipimpin pria dua berpangkat dua bunga Tanjung ini langsung meninjau Balai Kampung Tertib Lalulintas di Jorong Lubuk Selasih. Walinagari Batang Barus Syamsul Azwar, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Nagari (BPN) Andrianiko Dt Marajo, Irman Rajo Gandang Kepala Jorong Lubuk Selasih, Bahri Kepala Jorong Kayu Jao serta  tokoh masyrakat menyambut kedatanggan rombongan tersebut.

                  Bahasa lembut AKBP Ari Yuswan Triono saat memebrikan pandangan tentang lalu lintas ini begitu mudah dimengerti, sebab kegiatan ini sangat besar manfaatnya terhadap masyrakat pengguna jalan. Ini menjadi bagian tugas penting bagi polisi dalam rangka menyelamatkan masyarakat serta memberikan perlindungan bagi generasi penerus bangsa dalam mengendarai kendaraan, sebab bahaya kecelakaan itu bisa mengakibatkan fatal, cacat seumur hidup, bahkan tak jarang merenggut jiwa. Usai memberikan arahan dan peninjauan balai rombongan berlalu menuju Polres lainnya di wilayah Sumatera Barat.

                    Walinagari Batang Barus Syamsul Azwar sangat memberikan apresiasinya kepada Kapolres Solok dan jajaran Satlantas Polres arosuka ini atar kepercayaan wilayahnya Jorong Lubuk Selasih sebagai pilot projec (Program Percontohan) menjadikan Jorong Lubuk Selasih sebagai daerah tertib lalu lintas. Menurutnya, di sepanjang jalan di daerah Lubuk Selasih cukup banyak jalanan yang rawan kecelakaan lalu lintas, bahkan sulit dihitung jari berapa jumlah kejadian yang kerap merenggut nyawa korbannya.

                      "Saya himbau kepada seluruh masyarakat di Nagari Batang Barus untuk mensukseskan kegiatan ini, bagi pengguna jalan dan berkendaraan untuk mematuhi aturan dijalan raya, selain untuk keselamatan secra pribadi juga dalam rangka mematuhi aturan berlalu lintas, untuk itu bagi pengendara sepeda motor untuk melengkapi SIM, Hel, STNK kendaraannya, begitu juga bagi pengendara mobil. Hati hati bagi penggunan jalan darimanapun berada bila hujan melintasi jalan raya Lubuk Selasih-Padang banyak rawan, tikungan tajam licin dan sering makan korban," himbau Syamsul Azwar. (SC) 


    Teks Poto,(Walinagari Batang Barus berdialog dengan AKBP Ari Yuswan Triono, IPTU Baypul didampingi sejumlah perwira Ditlantas Polda Sumbar dan Satlantas Polres Solok)