Berita

Antusias Warga Sukseskan MUSRENBANG

  • Penulis: sinawaadmin, 06-12-2018 23:50
  •           Antusias Warga Nagari Batang Barus dalam proses perencanaan pembangunan nagari cukup membanggakan. Ini salah satu bukti kecintaannya terhadap pemerintahan. Kamis 05/12/18 kehadiran pesereta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) mencapai seratus lima puluh peserta yang membuat aula dinas sosial Lubuk Selasih dipadati warga. bahkan sampai tumpah keluar gedung. Hingga acara usai suasana yang penuh keakraban berlangsung khidmat dan sukses.

                Sekilas potret Pemerintah Nagari Batang Barus dalam dua tahun terakhir cukup mendapatkan apresiasi dari Bupati solok, selain Nagari yang cepat dalam penetapan APB Nagari juga tahun ini meraih sebagai Nagari Terbaik satu dalam sistem perencanaan partisipatif. Ini ditandai dengan penghargaan dari Bupati Solok. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kab. Solok Drs Medison, MSi.

                " Selamat buat nagari Batang Barus atas tingginya partisipasi masyarakat dalam perencanaan, semoga prestasi sebagai nagari terbaik satu di Kabupaten Solok dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat nagari bisa dipertahankan," kata pak kadis ini saat dihubungi melalui selularnya Kamis siang itu. 

                 Walinagari Batang Barus Syamsul Azwar jelang membuka acara secara resmi menyampaikan ungkapan ribuan terimakasihnya atas tingginya partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan nagari. ia menyampaikan prestasi yang diraih oleh pemerintah nagari batang barus itu adalah prestasi masyarakat, seiring pelaksanaan pembangunan di nagari Batang Barus dalam beberapa tahun terakhir tumbuh bagaikan jamur di berbagai sektor. Sebab tanpa dukungan dari seluruh komponen nagari akan sulit untuk melakukan perubahan perubahan pembangunan kearah yang semakin baik.

                 Syamsul Azwar mengemukakan, perencanan partisipatif ini merupakan salah satu bentuk lahirnya usulan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat, termasuk dalam rangka penggalian potensi pembangunan di nagari ditiga wilayah Jorong yang menyebar di daerah yang cukup padat masyrakatnya dan luas wilayahnya. "Intinya pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di Nagari Batang Barus begitu memihak pada kepentingan dasar masyarakat," ujar pak wali yang dikenal ramah dan dekat dengan masyarakatnya ini.

                   Dihadapan perserta,Walinagari  tanpa rasa gugup banyak hal yang disampaikan secara detail seputar perjalanan pemerintah nagari sejak dipimpinnya, bahkan ia rela meminjam kantor Jorong demi mewujudkan impian Nagari Batang Barus memiliki kantor yang nyaman dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. menurutnya, kantor yang refresentatif itu merupakan wibawa nagari yang berada di pusat pemerintahan Kabupaten Solok.

                    Hingga terbentuknya delagasi Nagari yang akan menggiring hasil Musrenbang tersebut, Camat Gunung Talang yang diwakili Renaldi, BE Kasi Pemerintah memandu kegiatan sampai usai. Termasuk narasumber Zul Zur Zamzami dari utusan Barenlitbang Kabupaten Solok. Kehadiran ketua/pimpinan lembaga dan organisasi di Nagari Batang Barus juga terlihat lengkap, Ketua BPN dengan seluruh jajaran anggotanya, Pengurus KAN Batang Barus serta sejumlah tokoh-tokoh utama dinagari yang termasuk dalam nagari klasifikasi maju itu. SC