Berita

KELOMPOK TANI TABEK SARUMPUN BAMBU: PETANI PINTAR, INVESTASI MASA DEPAN

  • Penulis: sinawaadmin, 22-06-2020 14:17
  • BATANG BARUS - Nagari Batang Barus merupakan salah satu daerah yang sangat berpotensi besar sebagai penghasil pertanian di Kabupaten Solok diantaranya Bawang merah, Cabe keriting, Cabe rawit, kentang dan tanaman berusia muda lainnya. Potensi besar ini didukung oleh rasa kebersamaan dan gotong royong masyarakat Nagari Batang Barus yang sangat kuat diantaranya dengan membentuk Kelompok Tani di masing - masing Jorong di Nagari Batang Barus. 

    Hal ini juga didukung oleh Dinas Pertanian dan Pemerintah Nagari Batang barus yang selalu memberikan perhatian Khusus bagi perkembangan dan peningkatan pertanian, perbaikan Irigasi, bantuan Bibit dan pelatihan bagi kelompok Tani.

    Wali Nagari Batang Barus, Syamsul Azwar dalam pembentukan Kelompok Tani "Tabek  Sarumpun Bambu" Di Dusun Kelok Batung Jorong Lubuk Selasih, Senin/22/06/2020. Mengungkapkan bahwa pemerintah Nagari Batang Barus selalu komitmen dalam pengembangan pertanian di Nagari Batang Barus, dengan adanya kelompok Tani maka pemerintah bisa memberikan bantuan dalam bentuk bibit atau alat penunjang pertanian. Para petani abad ini dituntut pintar dalam mensiasati pola penanaman sehingga hasil pertanian ketika memasuki masa panen dapat menutupi biaya produksi, dan menghindari para petani dari kerugian pasca panen.

    Dalam kesempatan ini, Syamsul Azwar selalu mengingatkan kepada masyarakat dalam pemberlakuan Pola hidup baru "New Normal" di Kabupaten Solok khususnya Nagari Batang Barus, agar selalu mematuhi protokoler penanganan Covid -19. Sehingga nagari batang barus tetap pada zona hijau bebas Covid ungkap" Wali Nagari.

    Irman Rajo Gandan, Kepala Jorong Lubuk Selasih menambahkan bahwa para petani juga harus memikirkan Tanaman tua, sebagai bentuk Infestasi untuk masa depan. Seperti: Kulit Manis, Kopi, Cokelat dll. Hal ini sebagai bentuk persiapan para petani untuk hari tua atau anak/cucunya di masa datang.

    Ketua Kelompok Tani "Tabek Sarumpun Bambu" Nada Eka Putra" mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Nagari Batang Barus yang telah memfasilitasi pembentukan kelompok Tani di Dusun Kelok Batuang Lubuk Selasih. Kedepannya kami berharap sebagai kelompok Tani yang baru berdiri diberikan bimbingan oleh Penyuluh Pertanian Nagari dan Dinas Pertanian Kabupaten Solok. RQ30